Rabu, 25 Agustus 2010

Mudik Lebaran – Sebuah Rencana

Mudik Lebaran – Sebuah Rencana

mudik-lebaran-ajang-mengembalikan-jati-diri-bangsaLebaran akan tiba, sebuah rencana telah disusun. Walau hanya masih sebatas rencana. Namun mudik lebaran idul fitri tetaplah sebuah momen yang tidak bisa dibiarkan berlalu begitu saja tanpa diisi dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat.
Rencana pertama adalah mudik. Pilihanpun terbelah menjadi tiga; Mudik ke Semarang, mudik ke Madiun dan  mudik ke Palembang. Mudik sepertinya sudah menjadi tradisi dinegeri ini, tak terkecuali saya. Namun saya masih bingung mau mudik ke kota mana. Ketiga kota itu sama penting. Sama-sama punya history dan sama-sama kota yang indah.
Dari segi efisiensi biaya, mudik ke Semarang jelas lebih irit, apalagi disana suasana akan tambah meriah karena akan banyak bertemu dengan teman-teman blogger, komunitas loenpia dan blogger kendal. Sudah terbayang betapa indahnya bila aku memutuskan untuk mudik ke Semarang. Bertemu dan sharing membahas hal-hal yang positif demi kemajuan bersamapun dapat  mengembalikan jati diri bangsa
Pilihan kedua adalah mudik ke Madiun. Tepatnya Maospati. Kampungnya Mbahti. Dari Maospati aku bisa terus melancong ke Ngawi karena disana ada dua orang sepupu dan kebetulan sekali aku belum pernah sowan sama mereka di Ngawi. Jadi ini kesempatan bagus, bukan?
Pilhan terakhir adalah pulang ke Palembang, tepatnya kota Lahat, kota kelahiranku. Disini baru tersedia jaringan GPRS untuk ngenet. Itupun baru indosat yang menyediakannya. Yang lain masih dodol. Jadi kalau pulang kesini dapat dipastikan mudik lebaran ajang mengembalikan jati diri bangsa akan terwujud karena tali silahturahmi akan tersambung kembali. Dengan bersilaturahim rejeki dan usia bisa bertambah. Itu kata guru saya dulu.  Sedangkan Yang akan nampak kontras adalah aku bisa bertemu dengan keluarga besar yang memang pada ngumpul disini. Berziarah ke makam ibu dan bertemu dengan teman sepermainan semasa kecil sambil ngobrol santai menikmati rasa khas kopi luwak
Ketika lebaran akan tiba, kita yang ada dirantau selalu saja disodori beberapa pilihan; mau mudik ke kampung halaman atau tetap tinggal dirumah saja? Gw pribadi masih bingung, mau kemana mudik lebaran kali ini. Bagaimana dengan rencana sobat semua? Mau mudik atau DRS, alias Di Rumah Sajahh? Apapun pilihan sobat semua, minumnya tetaplah kopi luwak.hihhihi… Selamat berpuasa bagi yang menjalankannya. Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar